فاستبقوا الخيرات
Berlomba-lombalah kamu sekalian dalam kebaikan.
"Orang yg beruntung adalah orang yg mengerjakan kebaikan sesudah kebaikan dengan ikhlas"

Rabu, 20 April 2011

syair imam As-Syafii



شاعر الامام الشافعى

ما فى المقام لذي عقل وذي ادب-
من راحة فدع الأوطان واغترب.
Tidak ada tempat untuk bersantai bagi orang yg bernalar dan berbudi,
maka tinggalkanlah tanah air dan berkelanalah.

سافر تجد عمن تفارقه
وانصب فان لذيذ العيش فى النصب.
Berkelanalah, maka anda akan menemukan pengganti orang yg anda tinggalkan,dan bersusah payahlah(giat/krja keras) karena kenikmatan hidup baru terasa setelah bersusah payah.

انّي رأيت وقوف الماء يفسده
ان ساح طاب وان لم يجر لم يطب.
Aku melihat bahwa air itu akan segera berubah (rusak) warnanya apabila diam tidak mengalir,
namun jika terus mengalir akan terus bersih dan jernih

Para ulama zaman dulu banyak yg berhasil dan namanya tetap harum sampai sekarang, karna kesungguhan,ketekunan,tekat kuat dan keikhlasan mereka dalam menuntut ilmu,kampung halaman dan orang-orang yg dicintai ditinggalkan, menelusuri cakrawala,berpindah dari satu tempat ke tempat lain, utk mencari para syekh atau guru sejati, demi utk mewujudkan cita-cita dan mengharap ridho Allah Azza wa jalla.Tahukah kita Bagaimana hebatnya perjuangan Imam Syafii dalam menuntut ilmu,beliau lahir di Gazzah(palestina) kemudian hijrah ke mekkah utk belajar pada Imam Malik,kemudian pindah ke Yaman,Irak, Hijaz dan akhirnya beliau menetap di Mesir (اللهم اغفرله وارحمه, واجعلنا من أجياله). dan sejarah kesungguhan Imam Bukhari dalam mengumpulkan hadits,sehingga kitab hadits sohih beliau menjadi yg terpercaya, dan banyak lagi siroh para ulama lainnya.
Dan dimanakah posisi kita sekarang dibanding mereka para ulama zaman dulu(salaf atau kholaf) yg bekas goresan tinta emas mereka masih indah sampai sekarang???!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar