فاستبقوا الخيرات
Berlomba-lombalah kamu sekalian dalam kebaikan.
"Orang yg beruntung adalah orang yg mengerjakan kebaikan sesudah kebaikan dengan ikhlas"

Senin, 25 April 2011

Pertanyaan Kehidupan


Sering terlintas di hati kita tiga pertanyaan, dan kebanyakan dari kita tidak menemukan jawabannya, yaitu:
1. Dari mana kita datang?
2. Kenapa kita datang(tercipta di didunia)?
3. Kemana kita akan kembali?

Jawaban dari pertanyaan pertama adalah firman Allah Azza wa jalla yg termaktub dalam Al-Quran surah Al-hijr ayat 5:
يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنْ كُنْتُمْ فِي رَيْبٍ مِنَ الْبَعْثِ فَإِنَّا خَلَقْنَاكُمْ مِنْ تُرَابٍ ثُمَّ مِنْ نُطْفَةٍ ثُمَّ مِنْ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنْ مُضْغَةٍ مُخَلَّقَةٍ وَغَيْرِ مُخَلَّقَةٍ لِنُبَيِّنَ لَكُمْ وَنُقِرُّ فِي الْأَرْحَامِ مَا نَشَاءُ إِلَى أَجَلٍ مُسَمًّى ثُمَّ نُخْرِجُكُمْ طِفْلًا ثُمَّ لِتَبْلُغُوا أَشُدَّكُمْ وَمِنْكُمْ مَنْ يُتَوَفَّى وَمِنْكُمْ مَنْ يُرَدُّ إِلَى أَرْذَلِ الْعُمُرِ لِكَيْلَا يَعْلَمَ مِنْ بَعْدِ عِلْمٍ شَيْئًا وَتَرَى الْأَرْضَ هَامِدَةً فَإِذَا أَنْزَلْنَا عَلَيْهَا الْمَاءَ اهْتَزَّتْ وَرَبَتْ وَأَنْبَتَتْ مِنْ كُلِّ زَوْجٍ بَهِيجٍ

Wahai sekalian manusia,jika kamu dalam keraguan tentang kebangkitan (dari kubur),maka (ketahuilah) sesungguhnya kami telah menjadikan kamu dari tanah,kemudian dari setetes air mani,kemudian dari segumpal darah,kemudian dari segumpal daging yg sempurna kejadiannya dan yg tidak sempurna,agar kami jelaskan kepada kamu dan kami tetapkan dalam rahim, apa yg kami kehendaki sampai waktu yg ditentukan,kemudian kami keluarkan kamu sebagai bayi,kemudian(dengan berangsur2) kamu sampailah kepada kedewasaan,dan diantara kamu ada pula yg diwafatkan,dan (ada pula) di antara kamu yg dipanjangkan umurnya sampai sampai pikun,supaya dia tidak mengetahui lagi sesuatu pun yg dahulunya telah diketahuinya,dan kamu lihat bumi ini kering,kemudian apabila telah kami turunkan air diatasnya,hiduplah bumi itu dan suburlah dan menumbuhkan berbagai macam tumbuhan yg indah.

Dan terdapat juga dalam surah Al-mukminun ayat 12-16 :
وَلَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنْسَانَ مِنْ سُلَالَةٍ مِنْ طِينٍ, ثُمَّ جَعَلْنَاهُ نُطْفَةً فِي قَرَارٍ مَكِينٍ , ثُمَّ خَلَقْنَا النُّطْفَةَ عَلَقَةً فَخَلَقْنَا الْعَلَقَةَ مُضْغَةً فَخَلَقْنَا الْمُضْغَةَ عِظَامًا فَكَسَوْنَا الْعِظَامَ لَحْمًا ثُمَّ أَنْشَأْنَاهُ خَلْقًا آَخَرَ فَتَبَارَكَ اللَّهُ أَحْسَنُ الْخَالِقِينَ ,  ثُمَّ إِنَّكُمْ بَعْدَ ذَلِكَ لَمَيِّتُونَ , ثُمَّ إِنَّكُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ تُبْعَثُونَ 
Dan sesungguhnya kami telah menciptakan manusia dari suatu sari pati yg berasal dari tanah,kemudian kami jadikan sari pati itu air mani yg disimpan dalam tempat yg kokoh(rahim),kemudian air mani itu kami jadikan segumpal darah,lalu segumpal darah itu kami jadikan segumpal daging,dan sugumpal daging itu kami jadikan tulang belulang,lalu tulang belulang itu kami bungkus dengan daging,kemudian kami jadikan dia makhluk yg berbentuk lain,maka maha sucilah Allah,pencipta yg paling baik,kemudian sesudah itu kamu sekalian benar2 akan mati,dan sesungguhnya kamu sekalian akan dibangkitkan dari kubur di hari kiamat.

   Dua ayat diatas termasuk bukti kebenaran Al-Quran sebagai kalam Allah Azza wa jalla yg diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW, Ayat ini menerangkan proses penciptaan manusia di alam rahim.
Seiring berlalunya waktu, mukjizat Al-Quran sedikit demi sedikit terungkap,terlebih karna teknologi-teknologi yg semakin canggih dan para arkeolog yg terus mencari bukti-bukti sejarah yg mereka dapatkan keterangannya dalam Al-Quran.

   Jawaban kedua dari soal mengapa kita tercipta ke dunia? jawabannya juga ada dalam Al-quran, surah Adz-dzariyat ayat 56, Allah berfirman:
وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ
Artinya: aku ciptakan jin dan manusia hanya untuk menyembah kepadaku.

Allah Azza wa jalla mengutus nabi Muhammad SAW sebagai Nabi dan Rasul terakhir, membawa risalah ketuhanan, memberi kabar gembira  dengan syurga bagi orang-orang yang beriman dan memberi kabar takut dengan neraka bagi orang yang maksiat dan kufur. mengajarkan kepada manusia cara mengesakan Allah dan beribadah kepadanya. Dan hingga saat ini kita mengetahui bagaimana beribadah kepada Allah, tentunya melalui para pewaris nabi yaitu Ulama.
Ibadah ada yang wajib seperti sholat, puasa, bayar Zakat dan lain sebagainya, dan ada juga yang sunnah seperti sedekah dan lain sebagainya.

   Jawaban yang terakhir, termaktub juga dalam Al-quran pada surah Ar-rum ayat 11, Allah Azza wa jalla berfirman:
 اللَّهُ يَبْدَأُ الْخَلْقَ ثُمَّ يُعِيدُهُ ثُمَّ إِلَيْهِ تُرْجَعُونَ
Allah menciptakan makhluk kemudian mengembalikannya(menghidupkannya) kembali kemudian kepadanyalah kamu sekalian dikembalikan.

   Maha besar kekuasaan Allah ta'ala, menciptakan manusia dalam bentuk yang bagus dan menentukan jalan hidup, umur, rizki dan sebagainya, dan menjalani hidup didunia hingga sampai ajal, kemudian mengembalikannya(menghidupkannya) untuk menjalani hidup yang hakiki yaitu akhirat,dan hanya ada dua macam golongan disana, bahagia atau sengsara. Dan sungguh beruntung orang-orang yang mendapat rahmat Allah ta'ala.

Allah ta'ala berfirman:
إِنَّ اللَّهَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ
Sesungguhnya Allah maha kuasa atas segala sesuatu.

والله اعلم بالصواب

uqola

Tidak ada komentar:

Posting Komentar